Ketahui Demo Ojol 20 Mei, Kerugian Rp188 Miliar Ancam Jakarta siap siap saja

Kamis, 22 Mei 2025 oleh journal

Demo Ojol 20 Mei Diprediksi Rugikan Negara Rp188 Miliar! Ini Kata Ahli

Aksi demonstrasi yang melibatkan ribuan pengemudi ojek online (ojol) pada tanggal 20 Mei 2025 lalu diperkirakan memberikan dampak kerugian yang tidak sedikit. Institute for Demographic and Affluence Studies (IDEAS) bahkan memprediksi kerugiannya mencapai angka fantastis, yakni Rp188 miliar.

Bagaimana bisa demo ojol berdampak sebesar ini? IDEAS menjelaskan bahwa angka tersebut dihitung berdasarkan potensi penurunan aktivitas di sektor ride hailing. Aksi mogok massal atau off bid yang dilakukan serentak oleh para pengemudi ojol disinyalir memangkas hingga 50 persen perputaran uang di sektor ini.

Ketahui Demo Ojol 20 Mei, Kerugian Rp188 Miliar Ancam Jakarta siap siap saja

"Nilai transaksi harian sektor ride hailing itu diperkirakan mencapai Rp375,89 miliar. Jadi, kalau aktivitasnya turun separuh saja, artinya ada hampir Rp188 miliar yang 'nggak muter' dalam satu hari," ungkap Peneliti IDEAS, Muhammad Anwar, dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut, Anwar menambahkan bahwa potensi kerugian ini belum termasuk dampak berantai terhadap sektor-sektor lainnya. Ada setidaknya empat sektor yang turut merasakan imbas dari aksi demo ribuan pengemudi ojol tersebut.

Sektor yang Terdampak Demo Ojol

  1. UMKM dan Pedagang Kuliner: Mereka sangat bergantung pada layanan pesan antar seperti GoFood dan GrabFood. Arus kas harian adalah nyawa bagi warung-warung kecil. Penurunan order yang signifikan tentu mengancam kelangsungan usaha mereka.
  2. Masyarakat Umum: Terutama para pekerja harian dan pelajar di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan, yang mengalami kesulitan mobilitas.
  3. Sektor Logistik Skala Kecil: Pengiriman barang dan dokumen mendesak melalui layanan GoSend dan GrabExpress juga terganggu. Banyak usaha mikro dan individu yang mengandalkan layanan ini untuk aktivitas bisnis mereka.
  4. Reputasi Perusahaan Platform Digital: Aksi off bid massal ini bisa menimbulkan risiko serius bagi reputasi perusahaan. Jika mitra (driver ojol) merasa tidak dihargai dan tidak dilindungi, kelangsungan model bisnis platform tersebut otomatis terancam.

Anwar juga menyoroti adanya ketimpangan relasi kuasa antara perusahaan platform digital besar dengan para mitra pengemudi. Ia berpendapat bahwa para pengemudi ojol pada kenyataannya bekerja layaknya karyawan tetap, namun tidak mendapatkan perlindungan hukum yang selayaknya seorang pekerja formal.

"Tanpa regulasi yang adil dan berpihak, digitalisasi hanya akan menjadi kelanjutan dari eksploitasi ekonomi lama dengan wajah baru. Negara tidak boleh diam melihat jutaan pengemudi dibiarkan tanpa kepastian dan perlindungan," tegasnya.

IDEAS menggunakan gross transaction value (GTV) dari layanan aplikator untuk menetapkan angka Rp375,89 miliar sebagai nilai transaksi harian sektor ride hailing. Angka ini merupakan hasil rata-rata dari nilai total transaksi seluruh aplikator di Indonesia, yang diklaim mencapai Rp135,32 triliun per tahun. Sebagai contoh, IDEAS menghitung GTV Gojek mencapai Rp63,04 triliun dan Grab senilai Rp58,75 triliun. Lalu, total GTV dari perusahaan aplikasi lainnya sebesar Rp13,53 triliun.

Aksi demonstrasi ribuan pengemudi ojol dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Khusus di Jakarta, perwakilan massa aksi akhirnya diterima oleh Direktur Jenderal Darat Kementerian Perhubungan, Aan Suhanan. Pihak Kemenhub berjanji akan menindaklanjuti aspirasi para pengemudi, termasuk mempertimbangkan untuk menurunkan potongan aplikasi menjadi maksimal hanya 10 persen.

Demo ojol memang bisa bikin repot, tapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir dampaknya dan tetap mendukung para pengemudi:

1. Rencanakan Perjalanan dengan Lebih Baik - Saat ada potensi demo atau mogok ojol, sebaiknya rencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari. Gunakan transportasi alternatif seperti transportasi umum atau atur carpooling dengan teman atau kolega. Misalnya, jika Anda tahu akan ada demo ojol besok, pesan tiket kereta atau bus dari sekarang.

2. Dukung UMKM Lokal Secara Langsung - Jika biasanya Anda pesan makanan lewat aplikasi, coba datangi langsung warung atau restoran favorit Anda. Selain membantu UMKM, Anda juga bisa menikmati suasana yang berbeda. Contohnya, daripada pesan kopi online, mampir ke kedai kopi dekat rumah dan ngobrol dengan pemiliknya.

3. Beri Tip Lebih Banyak Saat Situasi Sulit - Ketika akhirnya Anda berhasil mendapatkan pengemudi ojol di tengah demo, berikan tip lebih banyak sebagai bentuk apresiasi. Ini akan sangat membantu mereka di saat-saat sulit. Misalnya, jika ongkos biasanya Rp15.000, berikan Rp20.000 atau lebih sebagai tip.

4. Dukung Regulasi yang Adil untuk Pengemudi Ojol - Cari tahu informasi tentang regulasi yang sedang diperjuangkan oleh para pengemudi ojol. Dukung petisi atau kampanye yang bertujuan untuk menciptakan kondisi kerja yang lebih adil dan layak bagi mereka. Misalnya, ikut menandatangani petisi online atau menyuarakan dukungan di media sosial.

Apa sebenarnya yang menjadi tuntutan utama para pengemudi ojol dalam demo tersebut, menurut Ibu Ratna?

Menurut pengamat transportasi, Ibu Ratna, tuntutan utama para pengemudi ojol biasanya berkisar pada transparansi dan keadilan dalam sistem bagi hasil dengan perusahaan aplikasi, serta jaminan perlindungan sosial dan keselamatan kerja yang lebih baik.

Bagaimana menurut Bapak Budi, dampak ekonomi demo ojol ini bisa diatasi dalam jangka panjang?

Bapak Budi, seorang ekonom, berpendapat bahwa dampak ekonomi dari demo ojol bisa diatasi dalam jangka panjang dengan menciptakan dialog yang konstruktif antara pengemudi, perusahaan aplikasi, dan pemerintah. Regulasi yang berimbang dan berpihak pada semua pihak adalah kunci utama.

Sebagai seorang pengemudi ojol, apa harapan Mas Joko terhadap pemerintah terkait masalah ini?

Mas Joko, seorang pengemudi ojol yang aktif dalam komunitas, berharap pemerintah dapat menjadi mediator yang adil dan berani mengambil tindakan tegas terhadap perusahaan aplikasi yang melanggar hak-hak pengemudi. Ia juga berharap ada program bantuan sosial yang bisa meringankan beban hidup para pengemudi.

Menurut Mbak Sinta, apakah demo ojol efektif dalam menyampaikan aspirasi para pengemudi?

Mbak Sinta, seorang aktivis buruh, berpendapat bahwa demo adalah salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan aspirasi, terutama jika dialog dengan pihak terkait menemui jalan buntu. Namun, ia menekankan pentingnya menjaga aksi tetap damai dan terorganisir agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik.

Apa saran Pak Herman bagi masyarakat umum agar tetap bisa beraktivitas selama ada demo ojol?

Pak Herman, seorang pakar tata kota, menyarankan agar masyarakat umum lebih bijak dalam merencanakan perjalanan, memanfaatkan transportasi umum, dan mendukung UMKM lokal secara langsung selama ada demo ojol. Ia juga mengingatkan pentingnya bersikap empati terhadap para pengemudi yang sedang berjuang untuk hak-hak mereka.