Definisi Invoice dan Cara Mendapatkan Pembayaran Invoice Tepat Waktu

Dalam kegiatan transaksi bisnis, invoice menjadi hal penting yang harus dipersiapkan meskipun sebelumnya belum ada pembeli yang menginginkan transaksi secara kredit. Karena, pihak penjual tidak akan pernah tahu transaksi yang diinginkan oleh pembeli. Bisa jadi, di kemudian hari ada pembeli yang menginginkan transaksi kredit, sehingga memerlukan invoice.

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/259942209714813778/?lp=true

Invoice adalah dokumen yang tidak hanya harus dipersiapkan bagi perusahaan besar saja, melainkan juga perusahaan kecil. Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan untuk memperhatikan kelengkapan dokumennya.

Invoice adalah tagihan pembayaran dari penjual kepada pembeli. Di dalam invoice terdapat keterangan termin pembayaran yang harus dilakukan oleh pembeli. Sayangnya, tidak semua pembeli melakukan pembayaran tepat waktu.

Di artikel ini akan dibahas mengenai cara mendapatkan pembayaran invoice tepat waktu. Namun sebelumnya, akan dibahas mengenai definisi dari invoice. Definisi invoice adalah sebagai berikut.

Definisi Invoice adalah

Invoice adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pihak penjual kepada pembeli atas transaksi kredit yang telah dilaksanakan. Ketika invoice terbit, bukan berarti transaksi telah selesai dilakukan, hanya perjanjian saja yang telah selesai dilakukan.

Invoice adalah dokumen penting, sehingga harus memiliki salinan dan diberikan kepada pihak – pihak yang berkaitan dengan transaksi. Yang mana biasanya invoice dibuat menjadi tiga salinan. Satu untuk pihak perusahaan, satu untuk divisi keuangan, dan satu untuk pembeli.

Cara Mendapatkan Pembayaran Tepat Waktu untuk Invoice adalah

Sumber: https://www.talk-business.co.uk/2017/06/08/finding-right-accountant-help-grow-business/

Hal yang paling tidak disukai oleh perusahaan adalah ketika transaksi invoice tidak segera dibayarkan oleh pembeli. Hal ini tentu akan menghambat arus kas perusahaan. Yang mana seharusnya perusahaan dapat memutar kembali modalnya, tapi karena terkendala pembayaran, maka kegiatan menjadi tersendat.

Oleh karena itu, perlu bagi perusahaan untuk menerapkan cara jitu supaya pembayaran invoice segera dilakukan oleh pembeli. Cara mendapatkan pembayaran tepat waktu atas invoice adalah sebagai berikut:

  1. Buat Invoicesecara Jelas

Template yang digunakan dalam invoice tidaklah baku, perusahaan dapat membuat template sendiri tergantung pada keinginan dan kebutuhan transaksi. Yang terpenting, di dalam invoice tertera dengan jelas komponen – komponen yang seharusnya ada di dalam invoice, seperti identitas penjual dan pembeli, daftar barang yang dibeli, harga tiap item barang, jumlah harga yang harus dibayarkan, serta termin waktu pembayaran. Dengan invoice yang jelas, maka kesalahpahaman dalam transaksi dapat diminimalisir.

  1. Tetapkan Waktu Lebih Cepat

Pembuatan termin pembayaran dibuat oleh pihak perusahaan, dimana perusahaan berhak menetapkan jangka waktu pembayaran yang harus dilakukan oleh pembeli. Jika perusahaan menghendaki invoice dibayarkan dalam waktu 30 hari, maka sebaiknya termin pembayaran pada invoice jangan ditulis 30 hari. Tapi tulis dua atau satu minggu lebih cepat dari waktu yang seharusnya.

  1. Berikan Diskon atau Denda

Tidak masalah memberikan reward berupa diskon bagi pembeli yang tepat waktu dalam membayarkan invoice atau kurang dari termin waktu pembayaran. Sebaliknya, jika pembeli telat dalam melakukan pembayaran, penjual dapat mengenakan sanksi berupa denda.

  1. Kirimkan Invoicepada Orang yang Tepat

Mengirim invoice juga harus dilakukan kepada orang yang tepat. Apabila dikirimkan pada orang yang salah, maka bisa jadi invoice justru tidak dibayarkan. Karena pihak tersebut tidak berwenang dalam pembayaran. Yang lebih sering terjadi adalah pembayaran invoice menjadi terlambat. Tidak tepat juga apabila perusahaan mengirimkan invoice kepada lebih dari satu pihak meskipun dalam satu perusahaan, karena akan menimbulkan kesalahpahaman yang justru membuat invoice tidak dibayarkan.

Itulah cara supaya pembayaran invoice dilakukan secara tepat waktu oleh pembeli. Selamat mencoba!

Leave a Comment